Tugas 1 : Menurut kalian, mengapa kita perlu hidup dan hadir di kuliah DKV Unindra?

Assalamu'alaikum wr wb. sebelum itu, saya mau memperkenalkan diri saya 

Nama              : Auraniza Az Zahra 

NPM               : 202146500945 

Kelas               : R3L 

Mata Kuliah    : Filsafat Seni 

Dosen              : Angga Kusuma Dawani, M. Sn.


Saya masuk jurusan DKV karena saya pikir saya mempunyai bakat gambar. Pada saat waktu SD saya dipuji oleh guru dan teman-teman saya karena gambar yang saya buat bagus. Sejak saat itu, saya menjadi percaya diri bahwa saya bisa menggambar. Lalu, sejak saat itu saya menjadi rajin untuk menggambar apapun sampai SMP saya mengenal yang namanya anime dimana saya terkagum-kagum karena gambarnya yang bagus dan bisa bergerak serta ceritanya yang menarik. Dan sejak saat itu saya mulai menggambar dengan gaya anime. Pada saat menggambar, saya belajar anatomi tubuh manusia. Walaupun hanya menggambar ulang tetapi dapat mengasah kemampuan menggambar dan mewarnai saya. Sampai suatu ketika ada lomba pada saat SMP dan teman-teman saya mendukung saya untuk mengikuti lomba gambar dan saya sangat percaya diri sampai saya membeli peralatan gambar dan mewarnai yang lengkap. Tetapi sayangnya saya tidak memenangkan lomba tersebut. Tapi tidak apa apa, karena saya pantang menyerah dalam hal menggambar dan disitulah saya mengenal yang namanya aplikasi Medibang Paint. Medibang Paint adalah sebuah aplikasi gambar digital yang tersedia di android, sejak saat itu saya menggambar digital melalui aplikasi tersebut karena lebih simpel dan mudah.

Setelah itu, tibalah saatnya saya memilih tempat kuliah dan memilih jurusan, awalnya saya ingin bekerja karena saya merupakan lulusan SMK Multimedia. Tetapi, orang tua saya menyarankan saya untuk kuliah agar saya dapat menambah wawasan dan ilmu serta mengasah kemampuan saya dalam menggambar. Tetapi walaupun begitu, saya masih bingung untuk kuliah dimana dan jurusan apa, karena saya tinggal di kampung, pelajaran dan kualitas disini tertinggal jauh dari kampus-kampus yang berada di kota. Saat mencari kampus, salah satu keluarga saya menyarankan kampus UNINDRA. Tetapi letaknya berada di kota Jakarta dan cukup jauh dari rumah. Jika masuk kampus diluar kota mau tidak mau harus tinggal terpisah dari orang tua. Tetapi orang tua saya mengizinkan saya untuk merantau ke Jakarta agar saya dapat kuliah dengan serius dan fokus. Lalu, saat saya mencari informasi tentang UNINDRA dan mencari jurusan yang saya inginkan, saya menemukan jurusan yang bernama Desain Komunikasi Visual. 

Saat saya menelusuri jurusan DKV tersebut, saya merasa jurusan ini cocok dengan saya karena materi yang diberikan merupakan materi seputar menggambar dimana sangat cocok dengan saya yang suka menggambar. Walaupun begitu, DKV memiliki konsep gambar dan desain yang luas, dimana itu adalah tantangan untuk saya. Saya bisa mengenal lebih dalam tentang menggambar, mendesain, dan mengenal aplikasi digital yang mempermudah kita dalam menggambar. Inilah asalan saya memilih jurusan Desain Komunikasi Visual UNINDRA, walaupun rintangannya sulit, dan tidak sesuai ekspetasi saya pada awalnya, ini bisa membuat diri saya lebih berkembang dan lebih profesional dalam mendesain. Dan saya juga bisa menambah peluang pekerjaan saya lebih mudah dikarenakan skill desain saya berkembang sejak masuk jurusan Desain Komunikasi Visual UNINDRA. 

Alasan lain mengapa kita perlu hidup dan hadir di kuliah DKV Unindra karena di kuliah DKV Unindra kita bisa mendapatkan ilmu lebih seputar DKV. Selain itu, dengan hadir di kuliah DKV kita dapat mengembangkan diri kita kearah yang lebih baik dan dapat mengeluarkan ide-ide yayng inovatif.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendapat seni dalam industri kreatif

Pengalaman Estetis saat Observasi Seni

Fisafat Seni