Kejujuran dalam diri - Filsafat Seni

 Filsafat Seni


Nama : Auraniza Az Zahra 

Kelas : R3L 

NPM : 202146500945 

Dosen : Angga Kusuma Dawami, M. Sn. 


Berikut adalah 3 NFT yang merefleksikan diri saya : 

1. Kesepian


Dalam karya "Lonely Dog" mengingatkan saya saat masih kecil di jauhi oleh teman-teman saya tanpa tau sebab dan masalahnya. Mungkin karna sifat saya yang seperti kekanak-kanakan tidak seperti yang lainnya terlihat mulai dewasa, jadi saya tidak bisa mengikuti obrolan mereka, karena jika mereka mengobrol dengan saya topiknya jadi tidak nyambung, atau mungkin karena fisik saya yang tidak secantik yang lain. Tapi saat itu saya masih tidak mengerti kenapa... kenapa mereka menjauhi saya, saat itu saya hanya diam dirumah sendirian sambil berfikir kenapa mereka menjauhi saya semakin berfikir hati saya sakit "kenapa mereka tidak mengajak saya?" "kenapa saya ajak main mereka selalu menolak?' "saya salah apa?, apakah perbuatan saya, sikap saya, ucapan saya ada yang salah? kenapa mereka tidak bilang ke saya?', saya  berfikir seperti itu terus sampai overthinking dan memikirkan hal yang tidak-tidak. Lalu orang tua saya membelikan saya Handphone agar bisa internetan dan melupakan teman-teman realife saya, dan saya hanya fokus berteman dengan teman online saja, karena teman online sikapnya berbeda jauh dengan yang ada di kenyataan dan disitu saya sudah tidak merasakan kesepian lagi. Tapi sejak saat itu sifat saya jadi lebih pendiam, takut topik obrolannya menjadi tidak nyambung karena saya tidak pandai mengobrol. Tapi saya akan berusaha agar bisa mengobrol dengan yang lain demi memperbanyak teman walaupun saya orang yang pemalu dan penakut. Dan saya bersyukur kuliah di Unindra, setidaknya saya mempunyai teman, walaupun saya tidak pandai mengobrol dan membahas topik tertentu.


2. Ketakutan

Dalam karya "Seance-01" mengingatkan trauma masa kecil saya, yang dikelilingi oleh rasa takut pada banyak hal termasuk yang nyata dan tidak nyata. Contohnya, saya takut menyakiti hati orang lain dengan kata-kata/tindakan, takut melihat hantu, takut kematian, takut dimarahi Orang Tua, takut mengecewakan oranglain, takut menyebabkan masalah dan terkena masalah, takut masa depan, takut karena suatu hal yang belum terjadi, dan masih banyak lagi. Seakan akan ketakutan tersebut tidak pernah hilang dan saya takut sekali, sampai sekarangpun saya masih memikirkan ketakutan tersebut agar tidak terjadi dan berusaha menjauhkan diri dari ketakutan itu dengan cara diam dan tidak melakukan kesalahan, tapi manusia tidak luput dari kesalahan, walaupun saya sudah berusaha menghindar tetap saja kesalahan itu terjadi, mungkin karena takdir tuhan ataupun karena kesalahan tersebut muncul karean saya sendiri.


3. Sulit untuk berubah

Dalam karya "Role Coaster" Mengingatkan saya tentang kehidupan saya yang hanya berputar-putar naik-turun dan tidak ada jalan baru, seperti jalan dikehidupan saya, saya hanya mengikuti alur hidup dan apa yang disuruh orang tua saya, saya tidak berani memberontak keluar dari jalur tersebut,. Karena saya menyangi orang tua saya, walaupun orang tua saya memukul saya, memarahi saya, saya tau orang tua saya menyayangi saya. apapun yang di suruh orang tua saya itu demi kebaikan saya sendiri, dan mungkin saya akan dibiarkan bebas saat saya sudah benar-benar dewasa dan terlihat bisa menjaga diri sendiri.




-- Terima Kasih --

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendapat seni dalam industri kreatif

Pengalaman Estetis saat Observasi Seni

Fisafat Seni